Nurasto.com Website

My digital scrapbook

Apa itu domain dan hosting

on under Internet, Marketing and BusinessOne Comment

Saya ingin berbagi kepada anda yang baru saja mendarat di dunia internet dan ingin memulai bisnis online atau website pribadi. Saya mengambil website toko online sebagai kasus dalam artikel kali ini karena sedang berkembang pesat di Indonesia. Ada beberapa pendekatan yang bisa anda lakukan sebagai pemilik bisnis online seperti:

  1. Membeli paket toko online
  2. Membuat sendiri toko online dengan menggunakan aplikasi web yang anda sukai
  3. Membayar profesional untuk membangun situs online shopping anda

Website toko online atau jualan online pada dasarnya menggunakan teknologi yang sama seperti website lain tapi secara pemograman dibuat khusus untuk pengalaman membeli pada di kehidupan nyata. Saya tidak membahas hal – hal teknis lebih dalam.

Website membutuhkan dua hal penting yaitu hosting dan domain. Kedua hal tersebut saling membutuhkan satu sama lain. Saya akan mencoba menjabarkan dalam bahasa yang lebih mudah dicerna.

Web Hosting

Web hosting atau biasa disebut sebagai hosting merupakan tempat di mana anda menaruh file – file program dan gambar pada komputer yang berjalan terus menerus selama 24 jam 7 hari seminggu dan dapat diakses oleh semua orang. Web hosting ini dijalankan oleh perusahaan hosting atau biasa disebut sebagai hoster.

Perusahaan web hosting di Indonesai banyak sekali dan kita sebagai pemilik bisnis bisa memilah – milah apa yang dibutuhkan untuk Toko Online kita misalnya kita ingin mencari hosting yang pas dengan anggaran selama setahun atau kita butuhkan space (ruang) untuk menaruh gambar yang banyak. Semua itu kembali ke pilihan anda.

Saya menyarankan agar anda meneliti dengan baik perusahaan web hosting yang akan anda ajak kerjasama untuk meng-hosting website toko online anda. Biasanya dengan bertanya dengan rekan yang mengerti IT/Web atau sudah pernah menaruh website pada perusahaan hosting tertentu.

Pastikan bahwa hosting anda mempunyai fitur backup secara berkala terhadap website – website yang mereka hosting. Saya mengatakan website – website karena pada saat nanti kemungkinan website anda tidak sendirian di tempat hosting yang anda pilih. Jenis web hosting seperti ini dikenal sebagai Shared Hosting.

Dengan shared hosting anda bisa memulai bisnis dengan biaya rendah dan bisa upgrade ke paket yang lebih tinggi di kala situs anda sudah berjalan. Jika anda memilih untuk membangun sendiri anda perlu mempelajari Klien FTP (File Transfer Protocol) seperti FileZilla.

Domain

Domain name atau lebih sering disebut sebagai Domain adalah penamaan yang diberikan untuk suatu lokasi di jaringan internet. Lokasi di sini adalah tempat web hosting anda. Domain membantu manusia untuk mengingat dan apabila kita ingin kembali lagi ke situs tertentu, kita tinggal tulis kembali nama domainnya pada browser.

Coba bayangkan jika website kita masih dalam bentuk nomor seperti ini 192.168.5.155 dan situs lain 192.168.3.123. Kita akan sulit mengingatnya karena nomor atau lebih dikenal dengan sebutan Alamat IP (Internet Protokol) banyak sekali jumlahnya. Nama domain ini akan menjurus ke IP sehingga ketika kita mengganti Web Hosting, kita tidak perlu repot – repot memberitahukan kepada orang – orang bahwa IP kita ganti. Mungkin bisa dianalogikan seperti nomor handphone kita hilang, kemudian kita kirim sms massal ke rekan – rekan kita.

Dari kacamata bisnis. domain name adalah merek sehingga orang jika sudah kenal Honda, maka akan mengetik honda.com dan situs Honda pun muncul. Nama domain menjadi berharga sekali bukan?

Dalam membeli domain anda bisa membeli satu paket dengan hosting anda, biasanya pola bisnisnya seperti ini. Mohon pastikan dan tanyakan terlebih dahulu apakah anda memiliki domain tersebut dan mendapatkan panel untuk domain anda. Tujuannya agar domain anda tetap milik anda, seperti yang sudah saya jabarkan mengenai domain dalam kacamata bisnis. Hal ini berlaku juga jika anda membayar profesional atau menggunakan website toko online instan.

Anda juga bisa membeli domain sendiri dan hosting sendiri, jadi tidak satu – satu. Jadi anda membeli domain di GoDaddy.com misalnya jika punya PayPal atau Kartu Kredit, sedangkan hostingnya sewa di perusahaan hoster lokal.

Hal yang terpenting, domain hanya berlaku selama setahun dan maksimum 5 tahun dalam sekali perpanjangan. Jadi kita perlu memperbarui domain kita sebelum masa kadaluarsa atau expired. Kita bertugas untuk memantu masa berlaku domain kita, jangan sampai lepas karena bisa menimbulkan kerugian biaya dan waktu.

Untuk pengenalan mengenai domain dan hosting saya kira cukup. Jika ada hal yang ingin didiskusikan jangan ragu memberi komentar.

  • pasarjogja.com

    siip, artikel yang bagus, dan cara penulisan yang sangat-sangat bagus..

    terus ditulis tentang topik ini om, masih menarik bagi yang awam

    salam,

    pasarjogja.com – awam karena belum tau