Nurasto.com Website

My digital scrapbook

Apakah Jasa SEO diperlukan?

on under Internet, Marketing and BusinessBe the first to comment

Saya akan mengangkat kisah nyata yang saya alami untuk membahas hal ini. Suatu waktu saya mendapat telpon dari salah satu klien saya yang kebetulan bergerak di bidang UKM dan beliau bertanya bagaimana meningkatkan peringkat websitenya serta menyampaikan bahwa beliau baru saja menerima tawaran jasa SEO (Search Engine Optimization) agar situsnya bisa naik peringkat SERP (Search Engine Result Page) ke halaman satu. Pertanyaan ini diutarakan ketika update algortima seperti Google Panda dan Penguin belum ada.

Saya hanya bisa memberikan pendapat bahwa sebisa mungkin kita melakukan optimalisasi secara natural dan bersabar. Karena beliau punya cukup waktu luang untuk mengurus bisnisnya, maka beliau aktif di forum dan media iklan online yang bisa mendongkrang pengunjung. Saya yang dipercaya sebagai developer  bisa membantu dari on page optimization karena saya juga tidak tahu secara dalam tentang bagaimana Google Search bekerja.

Hasil Jasa SEO secara mandiri

Dalam waktu sekitar tiga bulan hasil mulai terlihat, saya ingat di tahun 2007 situs online beliau mulai naik rankingnya. Pada tahun 2008 alamat situs sudah masuk ke halaman satu dan akhirnya bertengger di posisi pertama / halaman pertama untuk pencarian keyword arwana, arwana red, arwana red banjar.

Kemudian beliau bertanya apakah perlu jasa SEO untuk mempertahankan situsnya? pertanyaan yang bagus dan saya hanya bisa menjawab setiap website yang dioptimasi secara organik dan senatural mungkin sepertinya akan bertahan lama.

Google pun mengupdate algoritma nya tahun 2011 – 2012 dan salah satu keyword yang penting bagi pengunjung luar yaitu arowana pun hilang. Sekarang tidak begitu menjadi kebutuhan untuk mengangkat keyword ini, saya tahu cara mengangkatnya yaitu membuat halaman – halaman khusus berbahasa Inggris namun membutuhkan usaha yang cukup agar bisa naik kembali dan membuat situs dua bahasa.

Kesimpulan

Dari contoh kasus di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa bisa jadi membutuhkan jasa SEO ketika kita tidak memiliki waktu yang cukup luang untuk melakukan optimalisasi pencarian keyword secara mandiri. Kita perlu melakukan pemasaran digital atau bisa dikatakan gerilya di situs forum atau media iklan agar orang – orang bisa tahu website usaha kita, kita perlu melakukan pemasaran melalui media – media lokal seperti koran agar orang – orang yang tidak terlalu sering berhadapan dengan komputer tahu mengenai situs kita ketika mereka membutuhkan informasi.

Hal yang penting lainnya adalah kita perlu optimasi website kita agar crawler dari mesin pencari bisa mendapatkan data yang cukup untuk disimpan relevansinya untuk hasil pencarian, pemilihan kata bahkan pengubahan struktur URL bisa jadi diperlukan ketika kita melakukan SEO.

Hal yang paling utama dari SEO adalah pengalaman. Penyedia Jasa SEO profesional memiliki jam terbang tinggi. Di sisi lain mengurangi beban kerja anda untuk melakukan optimasi website dan anda fokus pada bisnis anda karena diserahkan pada ahlinya SEO, ya memang ada kompensasi berupa materil dan harga jasanya pun beragam dari yang murah sampai yang mahal.

Jadi semua kembali kepada keputusan anda, apakah situs anda memerlukan jasa SEO? hanya anda yang bisa menjawabnya. Semoga sekelumit kisah ini bisa memberikan bermanfaat dan selamat berbisnis di internet.

Quiz: apakah alamat situs yang saya bangun tersebut? 😛