Nurasto.com Website

My digital scrapbook

Headphone Murah Berkualitas

on under Review2 Comments

Aktifitas di komputer yang paling banyak dilakukan adalah memutar musik, saya suka musik ketika sedang membuat suatu program. Hal yang membuat saya membeli headphone adalah saya tidak bisa mendengarkan musik ketika malam hari dengan menggunakan speaker. Bisa – bisa tetangga pada gedor – gedor pintu pagar. Kebetulan saya memiliki dua buah headphone yang menemani saya bekerja, saya ingin memberikan review mengenai kedua produk tersebut. Bolehlah, sekali – kali programmer buat review daripada manyun.

Loh kenapa dua? satu saja kan ya cukup mas bro? Headphone pertama saya gunakan untuk mendengarkan musik dan membangun musik kelas amatiran. Yang kedua untuk Skype an sama kolega karena ada built in mic nya. Yuk, mari mulai baca reviewnya.

Sennheiser HD 202-II

Sennheiser hd202

Siapa yang tidak kenal Sennheiser? Pembuat perangkat audio ternama di dunia.  Ya, jejeran produknya memang memang menarik. Saya sendiri dulu belum pernah punya perangkat audio dari Sennheiser hingga satu waktu salah satu programmer saya membeli Sennhesier HD 202-II dan membawanya ke kantor, bentuknya menarik dan come in black. Saya akhirnya beli Sennhesier HD 202-II di Bhinneka tahun 2012 karena kepincut, walau waktu itu harganya tidak seperti sekarang ya tapi tetap saja naksir.

Ketika barang tersebut sampai dirumah dalam hitungan dua hari. Saya segera membuka paket yang sangat rapi tersebut dan segera memeriksa aksesoris apa saja yang datang bersama headphone. Paket yang datang dengan headphone ini adalah

  • 1 Unit headphone (ya iyalah, masa gemblog)
  • 1 Unit adaptor 6.35mm
  • 1 Unit alat gulung Kabel

Lah, kok pake gulungan kabel segala? ya karena memang headphone ini panjang banget kabelnya. Saya coba putarin meja komputer dapet satu setengah putaran. Jadi tenang saja kalau colokin ke port audio out belakang, dijamin nggak ketarik – tarik.

Untuk detil suaranya bisa dikatakan detail untuk mendengarkan musik dan bermain game. Kita bisa mendengar jernihnya trebel dan dentuman bass. Untuk isolasi suara, masih ada yang masuk kecuali volumenya digedein pasti emak gedor pintu pun tidak terdengar.

Untuk monitoring seperti mastering musik, HD 202 II ini rada kurang karena suara yang dihasilkan terlalu banyak emulasi bass dan trebe. Di mana hal ini akan membuat suara yang sudah dimaster terdengar jelek di perangkat pendengar lain.

Untuk pemakaian nyaman di kepala karena ada bantalan cuma kalau menggunakan agak lama akan membuat kuping kita berkeringat dan panas.

Havit HV ST063

Havit HV ST-063

Nah, kalau HAVIT [HV-ST063] Headset ini lebih murah dari Sennhesier HD 202-II. Headset ini tidak dibundle apapun, jadi headsetnya saja, kabelnya juga panjang seperti HD 202 – II.

HAVIT [HV-ST063] Headset cocok untuk orang yang sering menggunakan voip karena sudah ada mikrofon yang memiliki fitur noise cancellation yang mana lawan bicaranya kita akan mendengar suara kita dengan jernih.  Kalau di Indonesia kebanyakan PC pasti menghasilkan static noise, itu loh yang suaranya seperti ngung pas kita pakai mikrofon. Headset ini mampu meminimalkannya asal microphone boosternya tidak diset lebih dari 10.

Untuk suara yang dihasilkan pun bisa dikatakan sangat baik kalau disangkutkan dengan harganya. Trebelnya ok tapi bassnya rada kurang bulat dibading HD 202 II. Kalau untuk mendengar musik dan main game saya bisa katakan baik. Untuk mastering kayaknya juga sama nasibnya seperti HD 202 II.

Lucunya, headset ini tidak membuat panas telinga walau dipakai lama – lama dan sangat nyaman. Cuma mikrofonnya harus dipegang pakai tangan karena terletak pada kontrol volume, ini yang menyebalkan. Untuk budget terbatas sepertinya HAVIT [HV-ST063] Headset punya value yang sangat baik.

Kesimpulannya, Sennhesier HD 202-II lebih unggul dari segi suara dan kelengkapan sedangkan HAVIT [HV-ST063] Headset unggul dari segi harga dan mikrofon built in. Saya punya dua – duanya dan dua – duanya adalah kesukaan saya.

  • frans

    untuk Disk Jockey ( DJ ) apabila memakai headphone sennheiser bagaimana kualitas untuk suaranya??dan kira2 harga dikisaran berapa ya gan??thx

    • Sennheiser bagus gan, yang high end saran saya, kisaran pastinya di atas 900rb. Ada juga tandingannya seperti AKG, rangenya harga sama dan bisa folding (diputer). Untuk Seinnheiser HD205 saya kurang suka suaranya tapi balik lagi preferensi masing – masing 🙂