Nurasto.com Website

My digital scrapbook

XAMPP lambat di Windows 7

on under Software and Web DevelopmentBe the first to comment

XAMPP adalah bundel AMP favorit saya. Beberapa hari belakangan ini, saya menemukan Apache berjalan dengan lambat di Windows 7 bahkan kadang sangat lambat padahal komputer kerja saya berprosesor quad core dan mempunyai 8 GB memori. Hal ini aneh dengan spesifikasi komputer seperti ini dan saya menyakini ada hambatan dalam prosesnya.

Saya mempunyai beberapa pemikiran yaitu prosesnya tertahan dan bisa jadi karena proses lookup terhadap localhost. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan mengapa hal ini bisa terjadi.

Komputer kerja sudah terinstall Microsoft Security Essential sebagai anti virus. Anti virus biasanya mencegat proses dari suatu program, umumnya kita bisa mengecualikan program – program tersebut dari proses pengecekan. Kita perlu mengecualikan Apache dan MySQL service untuk menaikkan performanya.

Microsoft Security Essential exclude Apache and MySQL

Sekarang sudah mulai tidak lambat tapi saya ingin tahu apakah file hosts yang terletak di C:\Windows\System32\drivers\etc\ sudah ada entri untuk localhost.

Hosts File Windows 7

 

Ketika saya buka, saya baru menyadari setelah sekian lama kalau localhost dikomentari. Wah, pantas saja. Akhirnya saya hapus tanda komentarnya pada baris 127.0.0.1 localhost. Restart Apache dan MySQL kemudian panggil kembali website yang ada di localhost. Sekarang sudah cepat kembali.